Pages

Saturday 2 April 2011

My Cameras

Bonjour! Akhirnya bisa update lagi setelah sebulan lamanya vakum hehe :p
Kali ini saya akan share tentang pengalaman pertama saya mengenal kamera

Kebetulan, mama dan papa saya bukanlah seorang yang memiliki hobi di bidang fotografi. Mereka lebih senang untuk pergi ke studio foto daripada berfoto dengan kamera sendiri atau hanya meminjam dari teman/saudara. Atau memilih jasa tukang foto polaroid bila kami sedang rekreasi ke suatu tempat hiburan. Beranjak besar, saya pun sudah makin fotogenic untuk foto di depan kamera. Dengan gaya andalan rambut dikucir keatas dan telunjuk di pipi kanan tidak lupa gelang warna warni yang dibeli di pasar baru, saya sudah siap bergaya di depan fotografer. Namun semakin besar, rasa ingin tahu saya makin bertambah besar pula. Ketika kelas 4 SD, papa membeli sebuah kamera roll instan. Ingin sekali untuk menyentuh kamera itu, namun papa sering melarang karena takut rusak dan (pada saat itu) harganya yang tidak murah. Tapi, suatu hari saya akhirnya diizinkan juga untuk meminjam kamera tersebut untuk foto-foto bersama teman-teman karena hari itu kami akan pawai marching band. And the result was not too bad, walaupun ada beberapa foto yang terbakar tapi saya puas dan senang bisa mencicipi kamera tersebut :D. Dan sampai sekarang, kamera itu masih saya simpan, inilah penampakannya...

lensnya udah ga bisa ditutup dan berjamur :(
fujifilm axion and the pocket


Setelah kamera ini lama ga digunakan dan akhirnya wafat sudah, papa membeli kamera lagi pada tahun 2000 sekian. Tentunya yang lebih modern dan stylish haha tuntutan abad millenium :p. Seperti biasa, saya dilarang keras meminjam tanpa dampingan papa. Sifat slebor saya lah yang menyebabkan papa ga bisa percaya setiap saya memegang benda yang tidak murah, karena (saat itu) memegang piring pun selalu lepas dari genggaman dan saya sering terjatuh secara mendadak walaupun ketika sedang jalan lambat. Saya tidak memiliki daya keseimbangan yang bagus, mungkin karena badan saya yang cukup montok saat itu :p. Lalu akhirnya karena sangat penasaran, akhirnya saya meminjamnya diam-diam hihi dan mulai detik itu, camera it's my 2nd boyfie :D

lovely konica beetwen my stuff
Kamera ini sangat-sangat berjasa buat saya, karena dialah pelampiasan ketika saya bad-mood, kesepian, sedih, saya tinggal ambil kamera ini lalu pergi mencari objek atau narsis sendiri hehe (that's the real function, you know! :p). Hobi fotografi saya mulai berkembang dan tersalurkan, saat itu saya masih duduk di  bangku SMP kelas 1. Dan saat itu pula saya mulai mengenal editing, melalui program adobe photoshop 7 yang telah tersedia di komputer. Ya, memang editannya pun sungguh masih sangat cupu jauh dan terkesan alay haha, oke dengan bangga saya akan perlihatkan sisa-sisa ke-cupu-an saya saat itu

first photo editing! ceritanya a la AADC -_-

better lah
Dan kamera ini pula yang memberanikan saya bergabung dengan jepret! (ekskul fotografi di SMAN 3), sempet sirik liat yang lain udah megang DSLR sedangkan saya masih setia bersama si semi DSLR ini. Dan bakat pun mulai terasah hingga sampailah pada saatnya my santa konica ini harus pergi ke hadirat Yang Maha Kuasa :'(. Rasanya sedih banget, setelah 5 tahun bersama dan bisa dianggap kamera pertama saya.

terimakasih telah memberikan kepuasan walaupun hanya dengan 4 mega pixel mu saja :D

Akhirnya kamera analog kembali berjaya pada tahun 2007an. Mungkin tepatnya kamera plastik, yap lomo menjadi trend remaja saat itu. Dengan bodi dan warna yang unik serta lensanya yang bermacam-macam, kembali lagi kita harus memakai film sebagai media pendukungnya. Hasrat ingin membelinya, namun malah di belikan haha lucky me :p. Lomo holga 135 bc berwarna hitam menjadi sebuah kado yang indah saat itu namun lagi-lagi ia tidak hidup bertahan lama seperti hubungan saya dengan si pemberinya *ehm* yang harus berpisah. Holga saya terjatuh dan tenggelam dalam air laut saat tur budaya menuju Anyer. Sempat menangis, tapi ya sudah lah dan si holga pun telah menjadi bangkai. Begitupun cintaku padanya *nyampah*

ya seperti inilah tampak si Holga
Ketika suasana haru masih menyelimuti, karena harus kehilangan my Santa Konica & si Holga akhirnya saya berjalan-jalan menyusuri jalan ABC. Sepanjang jalan ABC memang dipenuhi oleh toko-toko elektronik seperti mesin cuci, tv flat, kulkas dsb. Tapi jangan abaikan kios-kios yang berjajar di depan toko elektronik tersebut. Mereka memiliki gudang harta karun yang sangat banyak! dari mulai kacamata vintage, jam tangan bekas dan tentunya kamera-kamera jadul pun terjaja cantik di etalase kecil mereka. Ketika terdiam di satu elase dan melihat satu kamera merk lokal berdiri disana, saya tertarik dan mulai bernegosiasi. Dan akhirnya, dengan 50 ribu saja teman-teman! saya sudah bisa membawa pulang my Fantastica Fujica! Yeah!

fallin in love in first sight <3
Setelah dicoba walaupun agak-agak bocor dikit, no problem karena selama masih bisa ditanggulangi ini kamera murah meriah yang (agak) bisa menyenangkan hati setelah kehilangan beberapa kamera tetapi tidak menyenangkan untuk dompet karena harus mengeluarkan kocek yang lumayan untuk beli roll dan scan-roll. Ini dia hasil dari si Fantastica Fujica

i love leaks effect!
hello honey!

semoga umurmu panjang, nak

DSLR semakin merajalela, dan saya pun semakin sirik dengan mereka yang menenteng DSLR layaknya statement necklace hanya untuk gaya-gayaan bukan karena butuh ataupun hobi. Dengan kekuatan Bulan Tuhan dan usaha yang saya lakukan *cie* mulai dari berdagang dan membuka lapak disana-sini akhirnya ALHAMDULILLAH uangnya terkumpul!! *terimakasih banyak ya Allah dan semua agan & sis yang telah membeli barang jualan saya ;)*. Walaupun uangnya baru sempat untuk membeli Nikon D60 tapi jika saya memaksimalkan si mungil ini, Insya Allah ia akan menghasilkan uang kembali untuk saya . AMIN

awet-awet ya sama saya, dan di mohon kerjasamanya my Bodhi!

"My Bodhi, doakan saya supaya bisa membeli teman-teman mu si D1x ,D700, dan bangsawan lainnya. Doakan juga supaya bisa membeli aneka ragam accesoriesmu agar kamu tambah ganteng dan gagah ya. Baik-baik disini, jangan berulah ok? Bodhi you're my bestfriend :D"

2 comments:

Unknown said...

amiin amiin, hahaha

Izmy said...

hahaha semoga doanya terkabul, amin
kalau mau nyumbang juga boleh, dengan senang hati :p